Tips Agar Terhindar Dari Kanker Kolon

Kanker kolon adalah salah satu kanker nomor 2 yang paling banyak menimbulkan korban jiwa. Kanker kolon sebagaimana sifat kanker lainnya, memiliki sifat dapat tumbuh dengan relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar (infiltrasi) ke jaringan di sekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh, seperti ke lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik.

kanker kolon

Kabar baiknya, banyak penelitian telah dilakukan dan hasilnya ada kebiasaan yang dapat menurunkan risiko sampai 78%, caranya dengan hal seperti berikut.

Makan Ikan Kaya Omega-3

Penelitian terbaru mengumumkan hanya makan beberapa gram daging olahan sehari seperti bacon, hot dog, hamburger, dan sosis dapat meningkatkan risiko kanker kolon pada perempuan hingga 75%. Sebaliknya, para ahli di Jepang menyatakan jika konsumsi ikan tuna, sardin, atau salmon mampu menurunkan risiko kanker hingga 76%. Karena ikan-ikan tersebut banyak mengandung lemak omega-3 yang baik bagi tubuh kita. Lemak sehat ini mencegah peradangan yang merusak dan menghambat kanker di saluran cerna.

Hindari Lemak Jahat

Lemak ini dapat kita jumpai pada margarin dan makanan olahan lainnya. Lemak ini dapat menghambat pemecahan zat karsinogen(pencetus kanker) tertentu di dalam kolon, yang menyebabkan risiko Polyp, pertumbuhannya di dalam usus yang kadang berubah menjadi kanker hingga 86%. Sebelum membeli makanan sebaiknya kita jeli dalam memilih mana makanan yang sehat bagi kita.

Banyak Makan Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan salah satu sayuran yang kaya akan zat antikanker. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang bombay putih 11 kali lebih ampuh daripada bombay kuning untuk mengobati penyakit kanker kolon.

Makan Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Camilan ini kaya akan zat magnesium, sejenis mineral yang terbukti dapat membantu menyembuhkan jaringan usus yang telah teriritasi dan meradang sebelum membentuk sebuah kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan, bila tubuh mendapatkan 250 mg nagnesium setiap hari dari makanan, yang bukan dari suplemen dapat menurunkan risiko kanker kolon hingga 55%.

Olahraga teratur

Olahraga teratur selama 30 menit setiap hari, mampu menurunkan risiko kanker kolon hingga 40%. Aktivitas fisik ini dapat menstabilkan gula darah yang adalah kunci untuk menghambat sel-sel kanker penggemar gula. Selain itu, olahraga menguatkan kemampuan sistem imun pada tubuh kita dan menghancurkan sel-sel abnormal.

Itulah dia tips agar terhindar dari kanker kolon, jagalah selalu kesehatan anda dengan menjalani pola hidup sehat dan rajin berolah raga. Terimakasih, salam sehat.

Posted by: manfaatqncjellygamat.com

Baca juga artikel kesehatan lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *