Manfaat Minyak Jelantah Yang Belum Banyak Diketahui

manfaatqncjellygamat.com – Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat minyak jelantah yang belum banyak diketahui. Kalian tahu kan apa itu minyak jelantah? Minyak jelantah merupakan minyak goreng yang telah digunakan berulang kali pemakaian sehingga kualitasnya menjadi kurang bagus. Nah, jika kalian menggoreng lalu ada minyak goreng itu masih tersisa banyak, itulah yang disebut dengan minyak jelantah. Ok untuk lebih jelasnya, simak nih pengertiannya menurut wikipedia!

Jelantah merupakan minyak limbah yang bisa berasal dari sisa minyak penggorengan seperti halnya minyak jagung, minyak sayur, minyak samin dan sebagainya. Minyak bekas pemakaian ini dapat digunakan kembali untuk keperluaran kuliner akan tetapi bila dilihat dari komposisi kimianya, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan.

Walaupun dari segi medis minyak jelantah ini tidak baik untuk kesehatan, namun jika diolah dan dimanfaatkan (recycle) minyak jelantah ini mungkin dapat bermanfaat untuk kesehatan dan memiliki nilai ekonomis yang menguntungkan. Penasaran apa saja manfaat minyak jelantah? Berikut adalah daftar manfaat minyak jelantah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Minyak Jelantah Yang Belum Banyak Diketahui

1. Pengganti Lilin

Manfaat Minyak Jelantah

Pernahkah anda kehabisan lilin saat mati lampu atau kegiatan lainnya? Atau males untuk membeli lilin ke luar rumah? Tidak perlu khawatir, jangan buang sisa limbah minyak goreng anda karena bisa digunakan minyak pembakaran pengganti lilin.

Nah ini adalah tips yang dapat anda coba dirumah, daripada dibuang mending digunakan untuk bahan bakar penerangan pengganti lilin. Namun sayang sekali, hasil pembakarannya tentunya kurang efektif jika dibandingkan dengan minyak tanah.

Jelantah dapat menghasilkan asap pembakaran yang lumayan mengganggu ruangan, asap hitam pekat yang dihasillkan bisa mengganggu pernafasan anda. Oleh sebab itu, minyak jelantah lebih baiknya digunakan di luar saja yaitu hanya sebagai penerangan sementara.

2. Bahan Dasar Sabun Mandi

Manfaat Minyak Jelantah

Manfaat minyak jelantah yang satu ini tentunya tidak bisa diaplikasikan langsung, melainkan harus diproses terlabih dahulu sehingga bisa mendapatkan bahan baku minyak jelantah yang baik.

Manfaat minyak jelantah sebagai bahan pembuatan sabun ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Gregirius dari Universitas Diponegoro maka dapat diketahui bahwa minyak jelantah dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sabun cair yang aman, mampu membunuh kuman, dan cocok untuk semua jenis kulit.

Sabun cair yang terbuat dari minyak jelantah ini merupakan campuran dari abu kulit randu dan minyak jelantah. Abu kulit randu mengandung 78% senyawa kalium karbonat yang dapat diekstraksi menjadi soda kue kemudian dilarutkan menjadi kalium hidroksida. Jelantah yang telah dicampurkan dengan kalium hidroksida tersebut kemudian dipanaskan selama kurang lebih 1 jam sehingga menghasilkan gliserol dan sabun cair yang siap untuk digunakan. Nah mulai sekarang, jangan buang minyak jelantah, mulailah membuat produk sabun minyak jelantah yang berkualitas.

Baca juga:

3. Bahan Bakar Biodiesel

Manfaat Minyak Jelantah

Salah satu manfaat minyak jelantah yang satu ini telah dibuktikan oleh penelitian. Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memanfaatkan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar biodiesel.

Menurut Koordinator Kelompok Mahasiswa UII, Kharis Pratama, biodiesel dari minyak jelantah memiliki kualitas tinggi karena kandungan airnya rendah yakni kurang dari satu persen.

Proses konversi dilakukan dengan cara memberikan aliran listrik (elektrolisis) ke dalam larutan minyak jelantah dengan variasi waktu tertentu. Elektroda atau batang logam yang digunakan untuk mengaliri listrik telah dilumuri dengan larutan kitosan gel. Reaksi tersebut mengubah minyak jelantah ke dalam dua lapisan, yang berwarna coklat merupakan lapisan gliserol sedangkan lapisan atas yang berwarna kuning keruh merupakan lapisan biodiesel. Pemanfaatan minyak kelapa sebagai biodesel ini dapat mengganti bahan bakar fosil sehingga lebih ramah lingkungan.

Itulah 3 manfaat minyak jelantah yang belum banyak diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Punya masalah kesehatan? Segera konsultasikan bersama kami! Hubungi 0822.1430.0463 Gratiss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *